Tuesday, March 23, 2010

Tips Nge-tweet untuk Marketing

Pelan namun pasti, twitter sudah diakui pengaruhnya di jagad maya Indonesia. Sudah jutaan orang Indonesia yang menggunakannya. Mulai dari artis, penyanyi, pemasar, politikus, olah ragawan, orang IT, wartawan, orang iklan, rohaniwan, sampai orang umum pun nge-tweet.

Ada yang bisa memanfaatkannya dengan baik, seperti Pandji Pragiwaksono (artis, presenter, rapper) nge-tweet untuk membentuk citranya sebagai artis yang peduli dengan ke-Indonesiaan, namun ada pula yang gagal memasuki lingkungan twitter seperti Mario Teguh (motivator) karena tweet-nya yang kontroversial.

Beberapa produk (brand) pun sudah memasuki twitter. Bahkan, perusahaan-perusahaan yang masuk dalam jajaran 100 perusahaan TOP dunia kebanyakan telah menggunakan twitter sebagai salah satu alat pemasarannya.

Bagaimana dengan Anda? Sudah punya account di twitter? Apakah Anda juga menggunakan twitter untuk memasarkan diri dan atau brand Anda?

Berikut ini beberapa tips yang semoga bisa membantu Anda ketika memanfaatkan twitter sebagai alat pemasaran.

Pertama, nge-tweetlah sesuatu yang bernas. Ingat, twitter merupakan microblogging, dibatasi 140 karakter untuk sekali posting. Jadi, cobalah untuk nge-tweet sesuatu yang berkualitas seputar topik yang kita tekuni atau di mana kita terlibat. Jika memang tweet Anda bermutu, pasti akan banyak yang me-retweet. Apa untungnya ketika Anda diretweet? Tentu saja, Anda akan lebih banyak dikenal, sehingga akan difollow, dan pendapat anda dijadikan referensi.

Kedua, follow orang-orang yang sekiranya penting bagi Anda. Follow orang / tokoh yang selingkungan dengan ceruk pasar Anda. Follow juga website-website penyedia referensi penting tentang dunia Anda.

Ketiga, pantau tweet dari lingkungan ceruk pasar Anda. Kemudian, berinteraksilah dengan mereka. Ciptakan dialog dengan mereka. Bila perlu, tambahkan sesuatu yang bernilai ketika berinteraksi.

Keempat, ikutilah apa yang sedang menjadi trending topik. Paling tidak, yang sedang tren di timelines Anda dan di ceruk pasar Anda. Twitter adalah social media yang real time. Jadi, ikutilah. Tapi tetap ingat, saringlah informasi-informasi yang penting.

Kelima, integrasikan blog / website Anda dengan twitter. Jika perlu, gunakan robot twitter. Tentang pembuatan robot twitter telah dibahas dalam website ini.

Keenam, ketika Anda / brand Anda sedang mengadakan program-program atau acara, baik offline maupun online, jangan segan untuk “melaporkan”nya secara real time melalui twitter.

Ketujuh, ciptakan karakter Anda. Mungkin ini yang butuh proses agak lama. Yang terpenting adalah, konsistensi. Konsisten dengan topik yang Anda tweet, konsisten dengan bahasa Anda, dan konsisten dengan kontinyuitas tweet Anda.

Semoga tips tersebut bermanfaat. Jika Anda punya tips lain, saya sangat senang jika Anda mau berbagi juga di sini.

Artikel ini saya tulis untuk rumahdot.com

[Via http://mindmata.wordpress.com]

No comments:

Post a Comment